apa suzuki satria FU lebih boros dari yamaha v-ixion?

(1) Satria F 150 menggunakan DOHC, V-IXION menggunakan SOHC.

– DOHC : Double OverHead Camshaft (DOHC adalah setang dimana terdapat dua pasang bubungan yang menempel untuk setiap silinder mesin)

– SOHC : Single OverHead Camshaft (satu pasang bubungan yang menempel untuk masing-masing silinder mesin) “overhead camshaft” berfungsi untuk proses intake udara dan bahan bakar untuk pembakaran dalam silinder dan untuk proses exhaust yang membuang udara hasil pembakaran yang berujung ke muffler/knalpot.

DOHC memiliki kemampuan memasukkan bahan bakar dan udara lebih banyak daripada SOHC (DOHC menghasilkan tenaga lebih besar tapi boros daripada SOHC)

Satria F 150 cc menggunakan mesin DOHC sedangkan V-IXION 150 cc mengunakan mesin SOHC. Dari segi ini, nampak jelas bahwa Satria F lebih boros daripada V-IXION yang menerapkan SOHC.

(2) V-IXION menggunakan teknologi injection, sedangkan Satria F menggunakan karburator.

Pada teknologi injection atau EFI (Electronic Fuel Injection), bensin diinjeksikan ke dalam mesin menggunakan injektor dengan waktu penginjeksian (injection duration and frequency) yang dikontrol oleh komputer. Injeksi bensin disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk, sehingga campuran ideal antara bensin dan udara akan SELALU PAS TERPENUHI sesuai dengan kondisi beban dan putaran mesin. Tujuan pengaplikasian sistem EFI adalah meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar (fuel efficiency), kinerja mesin lebih maksimal (optimal engine performance), pengendalian/pengoperasian mesin lebih mudah (easy handling), memperpanjang umur/lifetime dan daya tahan mesin (durability), serta emisi gas buang lebih rendah (low emissions).

Pada karburator, bensin dari tangki disalurkan ke ruang pelampung dalam karburator melalui pompa bensin (mekanis/elektrik) dan saringan bensin. Selanjutnya bensin masuk ke mesin melalui lubang jet dalam ruang venturi (ruang untuk menambah kecepatan aliran udara masuk ke mesin). Sehingga jumlah bensin yang masuk tergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk dan besar lubang jet.

Dari teknologi karburator (Satria F) VS Injection (V-IXION) sudah tentu V-IXION unggul dalam keiritan bahan bakar.
materi referensi:
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=1922&start=0&st=0&sk=t&sd=a

http://tanyasaja.detik.com/pertanyaan/14862-apa-bedan-a-mesin-sohc-sama-dohc-

4 Comments »

  1. 1
    Roni Says:

    okey choi

  2. 2
    wahyu Says:

    perasaan thu foto honda CBR lha bukan v-ixion???
    klo v-ixion ma pulsar gimana??
    tau gak??

  3. 3
    ginting Says:

    yups stuju ma kak wahyu…tu bkn foto v-ixion coy!!!
    tu foto motor favorit q: honda Cbr 150…


RSS Feed for this entry

Tinggalkan komentar